Tomat

Manfaat tomat bagi ayam :


1. Agar Suara Halus

Manfaat utama dari pemberian tomat terhadap ayam, terutama ayam pesuara seperti pelung, ayam ketawa, kukuak balenggek, yakni menjaga suara ayam bisa halus. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dimana jenis ayam ini tidak dipilih dari segi penampilannya, melainkan dari segi suara. Siapa yang paling bagus suaranya, maka ialah yang terpilih sebagai pemenang dari kontes yang diselenggarakan.

Untuk cara pemberiannya sendiri sangatlah mudah, pertama yang penting untuk diperhatikan yakni pastikan buah tomat yang hendak diberikan ini masih segar. Selanjutnya yakni belah menjadi beberapa bagian, agar sang jagoan ini bisa menelannya. Dan suapkan potongan tomat itu tadi terhadap ayam, syukur kalau mau memakan sendiri. Akan tetapi, jika tidak segera memakannya bisa langsung dilolohkan secara perlahan agar bisa masuk dan melewati tenggorokan.

2. Bisa Menyedot Lendir

Tidak hanya membuat suaranya menjadi halus saja, melainkan dengan pemberian tomat ini bisa menjadikan suara ayam menjadi lebih lantang juga. Hal itu dikarenakan lendir yang tertahan pada pangkal mulut dan tenggorokan bisa ikut ke perut ayam bersamaan dengan masukan tomat itu tadi. Dengan begitu, saat menjalani rutinitas ayam  bisa bersuara alias berkokok dengan keras tanpa gangguan serak.

3. Menjaga Kesehatan

Seperti manusia, dimana ayam juga termasuk makhluk hidup yang masih mengandalkan makanan sehat dalam menunjang kesehatannya. Untuk menjaga kondisi ayam tetap prima, sehingga bisa tanding kapan saja, maka sebagai pemilik juga harus pandai-pandai dalam melakukan perawatan. Seperti rutin memberikan tomat ini misalnya, dimana selain bagus untuk suara ayam saat berkokok, juga baik untuk kesehatannya.

Tomat menjadi salah satu makanan yang mampu menyuplai kebutuhan gizi, vitamin, dan juga mineral yang dibutuhkan oleh ayam. Walaupun begitu, bukan berarti harus buah-buahan saja, beberapa kali berikan juga makanan hewani untuk berprotein tinggi, seperti hal-nya belut, keong, siput, atau ikan kecil.

4. Menjadikannya Lebih Bersemangat

Ketika kondisi ayam sudah sehat setiap saat, lantaran dipenuhi dengan berbagai macam makanan yang penuh nutrisi serta vitamin, jelas saja kondisi ayam akan tetap bugar dan bisa beraktivitas dengan baik setiap harinya. Akan tetapi sebagai pemilik, untuk menjadikan ayam lebih bersemangat lagi yakni memberikan perawatan yang tepat juga.

Seperti halnya dengan cara memandikan ayam setiap pagi, kemudian menjemurnya di atas kandang. Langkah ini akan lebih memberikan rasa santai terhadap sang ayam, lantaran dirinya mendapat asupan vitamin D yang cukup serta udara segar di luar kandang untuk sementara waktu.

5. Lebih Kebal Terhadap Virus

Jika dipelajari, ada cukup banyak virus yang mengancam terhadap kesehatan sang ayam. Dengan pemberian tomat ataupun makanan sehat lainnya, jelas saja akan menjadikan tubuh ayam peliharaan lebih tahan terhadap serangan virus-virus pada umumnya. Dengan begitu, tingkat kematian sang ayam bisa di minimalisir lebih baik lagi.

Barengi dengan memberikan probiotik Grovit agar maksimal hasilnya.

Semoga bermanfaat 🙏

Disandur dari arenahewan.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara meluruskan/menegakkan kembali jengger ayam yang kepleh

Bakteri Rhodopseudomonas (bakteri menguntungkan yang terkandung di dalam probiotik Grovit)