Bawang Merah

Perlu kita ketahui, banyak sekali manfaat bawang merah untuk kehidupan sehari hari kita. Termasuk untuk ayam/unggas kita.


Pada umumnya bawang merah dikonsumsi oleh manusia, baik itu untuk bahan campuran dalam masakan ataupun dapat juga digunakan untuk pengobatan.

Untuk sebagian besar peternak unggas, ada yang menggunakan bawang merah sebagai alternatif dalam pemeliharaan serta perawatan ayamnya. 

Kami akan membahas sedikit khasiat bawang merah untuk Ayam/Unggas kita.

Berikut Beberapa Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam/Unggas :

A. Sebagai Sumber Energi
Bawang Merah memiliki kandungan Energi sebesar 166kJ (40 kcal) per 100 Gram. Dengan memberikan Bawang Merah kepada Ayam, secara otomatis akan menjadikan stamina ayam bertambah & tidak mudah terserang penyakit.

B. Dapat Mengobati Penyakit Ngorok Pada Ayam
Bawang Merah ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi Ayam yang sedang terserang penyakit ngorok. Di dalam Bawang merah tersebut memiliki kandungan minyak, yang mana salah satu fungsi yang terdapat pada dari zat minyak ini adalah untuk membunuh bakteri staphylococci yang merupakan penyebab utama radang pada kerongkongan Ayam Aduan.

C. Membantu Mengobati Luka Pada Ayam
Pada dasarnya cara ini sudah sering dilakukan oleh kebanyakan pencinta Ayam. Yakni dengan memotong Bawang Merah menjadi ukuran kecil lalu direndam didalam air panas. Kemudian setelah air dalam posisi setengah matang, air rebusan Bawang Merah tersebut diambil lalu digunakan untuk mengkompres luka pada Ayam.

D. Memperlancar Pencernaan Ayam
Ayam Aduan yang sedang mengalami permasalahan dengan pencernaan pada umumnya akan nampak pucat, lemas, serta kotorannya akan terlihat seperti berak kapur ataupun berak darah. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan Bawang Merah sebagai langkah mudah. Dengan demikian tidak hanya membantu memperlancar pencernaan, akan tetapi juga membantu melancarkan peredaran darah Ayam.

E. Mengobati Penyakit Mata Ikan (Bubul)
Oleskan minyak Bawang Merah pada bagian kaki Ayam yang terserang penyakit. Setelah kita bersihkan lukanya terlebih dahulu tentunya. Mata Ikan/bubul akan cepat penyembuhannya. Oleskan Bawang Merah secara rutin setiap hari yakni pada waktu pada sore hari sampai Mata Ikan (Bubul) menghilang.

F. Mengobati Cacingan Pada Ayam
Untuk ayam yg terlihat lesu serta Kurang nafsu makan, dapat juga dg cara memberikan Bawang Merah untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah yakni cukup memotong bawang merah menjadi ukuran kecil-kecil, lalu diseduh dengan air panas dan diamkan selama 4–6 jam. Setelahnya air seduhan Bawang Merah tersebut diberikan kepada Ayam yang terkena Cacingan tadi.

Dan tetap selalu berikan probiotik Grovit agar selalu terjaga kesehatannya

Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara meluruskan/menegakkan kembali jengger ayam yang kepleh

Bakteri Rhodopseudomonas (bakteri menguntungkan yang terkandung di dalam probiotik Grovit)

Tomat