Ayam Stres

Semua makhluk hidup memiliki kejiwaan yang sangat mempengaruhi hidupnya. Termasuk ayam kesayangan kita.
Apabila penanganan/perawatan tidak tepat, ayam bisa stress yang akan mempengaruhi menurunan produktivitas maupun pertumbuhannya. Bahkan bisa berakibat ayam mudah terserang penyakit.

Apa sih yang bikin ayam menjadi stres?
Mari kita bahas bersama disini.

Penyebab Ayam mengalami stres

1. Ventilasi yang kurang lancar

Ventilasi cukup mempengaruhi tingkat kenyamanan ayam di dalam kandang. Jika ventilasi lancar maka ayam tidak mudah terkena stres. Namun jika ventilasi kurang bagus maka akan menyebabkan kandang menjadi pengap, panas dan ayam mudah stress. 

Ayam yang kepanasan akan banyak minum dan berkurang dalam mengkonsumsi makanan sehingga kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. 

Untuk itu bila dalam suatu kandang kekurangan ventilasi perlu penambahan jumlah ventilasi sehingga udara yang keluar masuk menjadi lancar.

2. Perubahan pakan ayam

Perubahan pola pakan secara mendadak juga akan mempengaruhi tingkat stres pada ayam karena akan tidak terbiasa makan makanan tersebut sebelumnya. Untuk itu dalam merubah pola pakan atau merubah jenis pakan dilakukan secara perlahan dan dalam jangka waktu yang tidak singkat. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya stres pada ayam. 

Ayam yang stres karena perubahan pola pakan akan menyebabkan kehilangan nafsu makan dan akan mempengaruhi tumbuh kembang ayam. Untuk itu perlu perhitungan yang matang dan tidak dilakukan secara serta merta.

3. Suhu kandang

Suhu dalam kandang yang terlalu tinggi akan menyebabkan tingkat stres pada ayam meningkat. Untuk itu penanganan dengan memberikan tambahan ventilasi agar udara segar dapat masuk ke kandang. Dengan begitu udara di dalam kandang cukup nyaman untuk ayam.

4. Bentuk dan jumlah wadah pakan dan minum

Banyak peternak belum menyadari bahwa bentuk pakan mempengaruhi tingkat stres pada ayam. Untuk itu perlu pemberian bentuk pakan yang tepat sesuai umur ayam untuk menghindari resiko ayam menjadi stres. 

Pada umumnya pakan untuk DOC atau anakan yang baru menetas hingga berumur 3 minggu diberikan pakan yang berbentuk bubuk atau butiran yang sangat halus sehingga memudahkan DOC memakannya. 

Setelah berumur 3 minggu lebih dapat diberikan pakan dnegan bentuk yang lebih besar. 

Selain itu wadah pakan juga mempengaruhi tingkat stres jika tidak tepat pemberiannya. 

Untuk DOC yang baru menetas hingga umur 3 minggu dapat diberikan wadah pakan yang lebar sehingga mudah mengambilnya atau bahkan cukup ditabur di atas kertas koran. 

Jika diletakkan dalam tempat yang tinggi dengan sulit untuk menjangkaunya maka anakan akan mudah stres. Tempat minum juga perlu mendapatkan perhatian yang baik agar DOC dapat dengan mudah minum tanpa membasahi tubuhnya atau DOC dapat tercebur ke dalam tempat minuman tersebut sehingga menyebabkan kedinginan bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Pencahayaan ruangan kandang

Selain faktor yang telah disebutkan diatas, ada hal lain yang juga mempengaruhi tingkat stres pada ayam salah satunya adalah ruangan atau kandang terlalu terang atau bahkan terlalu gelap. Kandang perlu diatur pencahayaannya agar tepat , tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Jika terlalu gelap ayam akan banyak tidur sehingga kurang cepat tumbuh dan itu akan merugikan peternak karena masa panen akan lebih lama dibandingkan biasanya.

6. Dalam satu kandang terdapat beberapa kategori umur yang tidak dipisahkan

Jika dalam satu kandang terdapat beberapa jenis umur jelas akan mempengaruhi tingkat stres terutama pada ayam yang mempunyai kategori umur lebih muda. 

Ayam muda akan kesulitan dalam mendapatkan makanan karena kalah dalam memperebutkan makanan dengan ayam  yang umurnya lebih besar. Selain itu ayam muda bisa mendapatkan gangguan dari ayam yang lebih besar sehingga memperbesar tingkat stres. Untuk itu penanganan yang tepat adalah dengan memisahkan kandang ayam berdasarkan kategori umur.

Demikian beberapa faktor yangmembikin ayam menjadi stres.

Dan jika ayam anda mengalami ini semua, segera benahi sistem managemen ternak anda & berikan vitastress atau probiotik herbal pada ayam anda.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara meluruskan/menegakkan kembali jengger ayam yang kepleh

Bakteri Rhodopseudomonas (bakteri menguntungkan yang terkandung di dalam probiotik Grovit)

Tomat