Buah Takokak

Masih banyak yang awam dengan buah takokak ini.
Ada yang menyebutnya buah rimbang, terung pipit/mini, atau buni turki.

Pohon yang banyak tumbuh liar di sekitar kita, terutama kebun atau tanah lapang ini, ternyata manfaatnya untuk kesehatan ayam kita begitu banyak. Buah takokak (Solanum torvum) yang berasal dari kawasan Amerika Selatan ini diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit & meningkatkan daya tahan tubuh ayam.

Manfaat buah takokak untuk kesehatan ayam

Buah takokak memiliki ukuran sekitar 1-1,5 cm, menyerupai leunca yang kerap disajikan sebagai lalapan. Di Indonesia, buah dengan cita rasa pahit ini kerap ditemukan terselip di antara semak belukar.

Siapa sangka, meski dibudidayakan dalam skala kecil dan kerap ditemukan di tempat yang tak lazim, manfaat buah takokak untuk kesehatan begitu banyak.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh ayam

Kandungan antioksidan dalam buah takokak juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam

2. Meningkatkan birahi ayam jantan

Manfaat buat takokak selanjutnya yaitu meningkatkan birahi ayam jantan. Kandungan nutrisi dalam buah takokak berfungsi memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh ayam yang membuat ayam lebih bergairah.

Aliran darah yang lancar, akan mampu memperbaiki kerusakan ringan pada saraf ayam jantan.

3. Mengatasi sakit sendi pada ayam

Kandungan senyawa antibakteri dan antiradang pada buah takokak berfungsi untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang di bag. persedian tulang di tubuh ayam. Terutama ayam petarung setelah bertarung.

4. Menguatkan tulang

Buah takokak yang kaya kalsium juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan tulang pada ayam & menguatkan tulang.

5. Mengatasi peradangan

Kandungan senyawa antiradang dalam buah takokak bermanfaat pula untuk mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan disaluran pernafasan ayam.

6. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah takokak selanjutnya yaitu untuk melancarkan pencernaan. Kandungan nutrisi dalam buah takokak berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan ayam.

Tak hanya itu, buah takokak juga bermanfaat untuk menetralkan asam dalam lambung, serta mencegah perkembangbiakan cacing dalam usus.

7. Membersihkan lendir pada ayam

Buah takokak juga bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan flue pada ayam, serta membersihkan lendir di daerah THT ayam kita.


- Pemberian cukup secara berkala saja & dengan takaran secukupnya (beberapa butir takokak di haluskan). 

Bisa dicampurkan ke pakan (pakan basah) atau dicekokkan ke ayam.

Jangan lupa, selalu sediakan probiotik Grovit sebagai penunjang kesehatan ayamnya.

Semoga bermanfaat

Sumber : dari berbagai sumber.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara meluruskan/menegakkan kembali jengger ayam yang kepleh

Bakteri Rhodopseudomonas (bakteri menguntungkan yang terkandung di dalam probiotik Grovit)

Tomat