Kejelian peternak saat cuaca extrim

Lucu...
Banyak peternak teriak panik saat ayam sakit atau menghadapi pergantian musim, apalagi saat cuaca extrim. Seperti yang terjadi saat ini.
Kenapa lucu?
Ya lucu aja. Padahal kuncinya sangat simple. Ayam itu makhluk hidup juga seperti kita. Bedanya kita punya akal, ayam tidak. Itulah tugas kita sebagai peternak untuk menjaga & merawat ternakan kita.
Perhatikan gambar ini :
Dari segi lain, kita belajar banyak dari induk ayam ini melindungi anak anaknya.
Bak pahlawan yg rela berkorban melindungi anaknya.
Tapi, ini lain..
Ini tentang kesehatannya!!
Apakah sudah betul cara itu?
Dia tetap kehujanan, dan beberapa anaknya tetap kebasahan. Dimana saat seperti itu, apalagi dibiarkan basah sampai malam, ayam menjadi lemah dan kedinginan. Sehingga mudah terserang penyakit & akhirnya mati.

Apalagi sering saya temui dari berkunjung ke kandang rekan rekan atau dapat keluhan, rata rata mereka yang sering mati malah yg melakukan sistem umbaran.
Ya..beberapa sisi, keuntungan sistem kandang umbaran akan menghemat byk biaya, seperti pembuatan kandang, pembelian pakan (karena dibiarkan makan sembarang). Bisa jadi ayam lebih kuat staminanya dibanding ayam yg dikandangin. Eits, tapi jangan lupa..hal itu juga banyak kerugiannya. Karena daya tahan tubuh mereka diproses oleh seleksi alam (apa anda itung juga yang mati saat proses seleksi alam itu? Gimana perbandingannya dengan yang masih hidup?)

Ok..disini saya hanya memberikan gambaran saja, bahwa merawat ayam itu seperti halnya kita merawat diri sendiri.
Perlu perawatan & pecegahan agar ayam selamat (tetap hidup).

Beberapa yang perlu selalu diperhatikan oleh peternak adalah management kandang yang baik dan benar. 
Perhatikan kebersihan kandang & peralatannya, terjaga kestabilan suhunya, memisahkan dengan segera apabila diketahui ada ayam yang sakit agar tidak menular ke yang lain. Perhatikan juga pemberian vaksin & suplemen seperti probiotik herbalnya.
Apabila masuk kandang, tangani dulu ayam yang masih sehat, baru ayam yg sakit. Kenapa? Apabila terlebih dulu kita tangani yang sakit, ditakutkan virus menempel ke badan kita, lalu menular ke ayan yg sehat nantinya.

Sedikit saja yang kita bahas saat ini.
Tetap, mas bro : MENCEGAH ITU LEBIH BAIK SEBELUM SEMUANYA TERLAMBAT

Semoga bermanfaat 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara meluruskan/menegakkan kembali jengger ayam yang kepleh

Bakteri Rhodopseudomonas (bakteri menguntungkan yang terkandung di dalam probiotik Grovit)

Tomat